PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Apa Itu Psikologi Pendidikan?

Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang berupaya menerapkan teori-teori dan konsep psikologi untuk memahami dan meningkatkan pembelajaran dan pengajaran di lingkungan pendidikan formal. Sederhananya, psikologi pendidikan berkaitan dengan studi bagaimana siswa belajar (baik anak, remaja, maupun dewasa) dan bagaimana dengan ilmu psikologi guru dapat membantu mereka untuk belajar dengan efektif.

belajar

Topik-topik pembahasan yang tercakup dalam psikologi pendidikan antara lain seperti prestasi belajar, proses intruksional, perbedaan individual dalam belajar, siswa berbakat, anak berkebutuhan khusus, dan masalah-masalah kesulitan belajar. Psikologi pendidikan pun banyak memanfaatkan teori dari disiplin ilmu psikologi lain, terutama psikologi perkembangan, psikologi behavioral (keperilakuan), dan psikologi kognitif, dalam rangka menyelesaikan masalah pendidikan yang kian beragam di lingkungan yang juga kian kompleks.

Kebutuhan Psikologi Pendidikan di Indonesia

Ahli psikologi pendidikan berada dalam gerbong yang sama dengan ahli dan praktisi pendidikan dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan Indonesia. Masalah-masalah pendidikan Indonesia kian banyak dan beragam, tidak hanya yang terjadi di kota-kota besar, tetapi juga di desa-desa dan wilayah terpencil, seperti rendahnya prestasi belajar dan minat baca, kesenjangan dalam sarana dan prasarana belajar, pendekatan belajar yang ketinggalan zaman, kurangnya pemanfaatan teknologi di era digital, persoalan terkait pendidikan karakter dan moral, masalah psikologis anak dan remaja yang berdampak pada proses belajar, masalah dalam hubungan guru dan siswa, keamanan lingkungan sekolah dari bahaya kekerasan, dan sebagainya.

anak berkebutuhan khusus teknologi belajar

anak membaca

pendidikan terpencil

Tujuan psikologi pendidikan bukanlah memberikan resep-resep jitu untuk guru dan orang lain yang berpengaruh pada prestasi belajar siswa, seakan-akan hanya dengan resep itulah proses belajar-mengajar akan sukses. Psikologi pendidikan justru ingin mengungkap prinsip-prinsip umum yang dapat diterapkan di lingkungan pendidikan yang luas. Penelitian-penelitian ahli yang berkecimpung di bidang ini berusaha menjawab pertanyaan seperti: bagaimana seorang anak atau remaja belajar? Apa saja yang dapat memotivasinya untuk belajar? Hal-hal apa saja yang mempengaruhi (mendukung atau menghambat) proses belajarnya? Bagaimana meningkatkan kualitas dan hasil belajar?

Ahli-ahli psikologi dan psikolog pendidikan dapat bekerja di lingkungan yang bermacam-macam, seperti di perguruan tinggi sebagai pengajar atau peneliti. Di luar itu, banyak yang berperan sebagai konsultan yang membantu guru-guru mengembangkan program pembelajaran, mendesain materi untuk instruksi ataupun pelatihan di lingkungan pendidikan ataupun tempat kerja. Selain itu, ada pula yang bekerja di sekolah dasar dan sekolah menengah untuk menangani langsung masalah-masalah individual siswa. Mereka menjadi tempat guru berkonsultasi, menjadi rekan untuk berkolaborasi mengembangkan pendekatan belajar, mendesain kurikulum, menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, dan mengukur hasil belajar secara akurat dan dapat diandalkan. (Tina/Psi)